Senin, 02 Juni 2014

Cara edit suara mono menjadi stereo dengan adobe audition

Untuk caranya ikuti cara seperti di bawah ini :


1.Pastikan anda memiliki software Adobe Audition CS6 atau versi di bawahnya juga bisa.
2.Buka software tersebut,dengan klik dua kali icon di desktop atau klik kanan > Open.
3.Bila software tersebut telah terbuka,masukan file mono yang akan di jadikan stereo dengan cara klik > File > Open,cari dan masukan file mono tersebut,klik > Open.
read more



http://www.mawarnada.com

4.Ketika file mono pada area edit,klik > File > Save As,silahkan lihat contoh gambar sebelum dirubah menjadi stereo.

http://www.mawarnada.com

5.Pada tampilan gambar di atas,klik > Change,pada menu Sample Type dan pada tampilan gambar berikutnya,klik > Channel dan klik > Panah kecil,untuk merubah dari mono menjadi stereo,kemudian klik > Ok.

http://www.mawarnada.com

6.Anda akan kembali pada gambar seperti pada point 4,dan lihat pada Sample Type mono telah berubah menjadi stereo.

http://www.mawarnada.com

7.Perhatikan,sebelum klik > Ok,periksa Location sebagai tempat penyimpanan file hasil perubahannya,bila sudah pasti klik > Ok.
8.Bila ada pertanyaan klik > Yes,atau ingin file asli tidak tertimpa maka rubah dahulu nama filenya pada kolom File Name.
9.Inilah hasil setelah file mono dijadikan stereo,dan bila anda mempergunakan Adobe Audition versi dibawahnya atau lebih rendah lagi biasanya fitur ini ada di menu Effects > Amplitude and Compression > Channel Mixer,dan cari kalau tidak lupa :D > Both Left atau Both Right,Hapunten bilih lepat hilap deui :D.

http://www.mawarnada.com

1 komentar:

  1. Mono atau Monophonic adalah audio saluran tunggal yang menghasilkan audio yang sama persis di kedua speaker kiri dan kanan. Di sisi lain, audio Stereo atau Stereophonic adalah audio multi-channel yang dapat membawa sinyal audio yang sama atau berbeda pada beberapa saluran.

    BalasHapus